Halaman

Assalamu'alaikum, have barokah day ;)

Sabtu, 16 Juli 2011

Puasa itu Obat


Bannar Makfadan, pakar tentang ilmu tubuh Amerika Serikat mengatakan, "Puasa dapat menghilangkan segala jenis penyakit yang tidak dapat diobati melalui terapi pengobatan lainnya".

1. Penyakit Kulit
Dr. Muhammad azh-Zhawahiri, ahli penyakit kulit di RS Qashru Aini, mengatakan, "Ada keterkaitan erat antara makanan dan kulit. Tidak makan dan minum pada waktu tertentu dapat mengurangi kadar air di dalam tubuh dan darah, sehingga menyebabkan kurangnya kadar air di kulit. Keadaan seperti itu menambah daya tahan kulit terhadap gangguan penyakit kulit.

2. Tulang
Dr. Mushtafa Ismail Hafizh, dosen jurusan bedah tulang di Fak Kedokteran al-Azhar, mengatakan bahwa puasa sangat berguna untuk penderita penyakit persendian dan nyeri lutut, di samping membantu mengurangi berat badan sebagai penyebab utama nyeri persendian.

3. Demam
Dr. Muhammad Ahmad Darghan berkata, "Ilmu pengetahuan modern menemukan bahwa puasa berguna untuk melindungi seorang Muslim dari penyakit diare, dapat mengobati gangguan pencernaan (sulit mencerna) yang dapat menimbulkan kembung dan merusak colone.

4. Penyakit jantung dan aliran darah
Puasa memiliki kegunaan yang sangat penting untuk membuat jantung lebih tenang dan membersihkan darah sehingga mempermudah jantung dalam menyerap darah yang bersih.

5. Puasa dan kesehatan tubuh
Ayton Sinclair mengatakan bahwa hikmah terbesar dari puasa adalah bertambahnya tingkat kesehatan tubuh. Puasa dapat membebaskan tubuh dari racun dan kolesterol yang tertimbun.

6. Puasa dan peremajaan organ dan jaringan tubuh
Dr. M. Syelton berkata, "Beberapa penelitian menyatakan bahwa luka parah lebih cepat sembuh ketika seseorang dalam kondisi puasa dibandingkan ketika tidak berpuasa. Demikian pula dengan patah tulang yang akan mudah tersambung kembali dengan cepat ketika penderitanya berpuasa.

7. Gangguan syaraf otak, pesimis dan penyakit ayan
Semua jenis gangguan syaraf otak dapat dipulihkan kembali dengan perantaraan puasa. Begitu pula dengan gangguan pesimistik yang dapat dihilangkan di sela-sela puasa. Selain itu, puasa memiliki pengaruh dan manfaat sangat besar dalam mengobati penyakit ayan.

8. Indra Peraba dan perasa (mata, kulit, lidah, hidung dan telinga)
Kemampuan mata mengalami peningkatan yang cukup berarti pada saat orang berpuasa sehingga mata tampak lebih jelas dan bercahaya. Kepekaan indra perasa pun meningkat.

9. Keasaman lambung
Tidak ada cara lain yang lebih baik untuk mengobati kelebihan asam lambung selain puasa.

10. Cairan empedu
Penderita penyakit lever akan kembali pulih dalam waktu yang sangat singkat dengan sering berpuasa, karena puasa dapat menambah banyaknya cairan empedu yang dibuang melalui usus.

11. Puasa dan radang colone
Pada gangguan radang colone, jumlah lendir yang dikeluarkan akan meningkat lebih banyak dan encer. Namun melalui puasa secara bertahap, keadaan itu akan terus membaik hingga sembuh secara total.

12. Puasa dan kesuburan wanita
DR. M. Syelton mengatakan, “Puasa cukup untuk mengembalikan kesuburan wanita. Ada banyak wanita yang sulit hamil karena pembuahan yang minim. Namun dengan puasa, mereka masih dapat melahirkan seperti membaiknya kondisi mereka secara umum.

13. Puasa dan imunitas tubuh
Seorang ahli, Brrzone, mengatakan, “Setelah melewati puasa dalam jangka waktu yang cukup lama, gigitan nyamuk tidak mengakibatkan gatal-gatal dan merah pada kulit seperti terjadi sebelum puasa. Dr. M. Syelton pernah mengobati pasien yang terkena anemia yang lumayan kronis dengan terapi puasa.

14. Batuk
Segala jenis batuk dapat dihentikan melalui puasa tidak lebih dari jangka waktu tiga hari

15. Radang
Di antara jenis radang yang dapat disembuhkan dengan puasa adalah radang hidung, radang limpa, asma, radang colone, dan radang kantung kemih.

16. Daya ingat
Membaiknya daya ingat adalah di antara tanda-tanda pengaruh positif puasa.


*Sedang membaca buku Indahnya Ramadhan di Rumah Kita, dan ingin memotivasi agar lebih semangat berpuasa.....namun, satu hal yang membuatku sedikit "galau", sepertinya melewati ramadhan itu lebih enak bila sudah berkeluarga.... *

2 komentar: